Friday, May 18, 2007

SELESAI SUDAH...

Selasa,3 April 2007, menjadi akhir perjalanan hidup teman seperjuanganku, Mbak Teti... Kanker leher rahim stadium IV yang diderita mbak Teti sudah tidak terkendali, lalu merenggut nyawa sahabatku.. Allah SWT telah berkehendak.. rencananya tidak pernah dapat diduga-duga.. Mbak Teti, yang begitu gigih, begitu tegar, begitu bersemangat, telah menghadap Sang Khalik... Mbak Teti yang cantik, yang segar, yang berseri telah tiada... Masih teringat, ketika kami sama-sama duduk di antrian ruang tunggu instalasi radiologi rumah sakit Dr. Sardjito setahun yang lalu,... Nomer berapa mbak? 32,.. begitu kataku... saya nomer 18... lalu kami sama-sama menunggu antrian yang panjang dan melelahkan tersebut... saat itu, mbak Teti sudah dinyatakan bersih dari kanker. Setelah kemo dan sinar, saat itu beliau hanya kontrol... " Naik apa mbak? " begitu tanyaku... " Motor sendiri,... kemana-mana saya naik motor sendiri " oh.. betapa takjubnya saya dengan semangat beliau.. dengan bersemangat beliau juga menyemangati saya.. Wajahnya yang cantik, bersih, dan anggun dengan jilbabnya,.. ah, tidak selayaknya saya mengeluh dengan keadaan saya... saya tidak sendiri,.. ada dan banyak yang juga menderita kanker... Tak lama kemudian, beliau membuka warung lesehan bebek goreng... memang, mbak Teti tidak pernah bisa diam... dan menurut cerita suamiku, warungnya cukup ramai... Namun, betapa terkejutnya ketika selasa siang itu, beliau telah tiada... kanker itu tumbuh kembali, dan menjalar hingga ke kaki...mbak Teti tak sanggup lagi menjalankan kehidupannya... selesai sudah langkah, asa dan harapannya... Selamat jalan sahabat... selamat jalan teman seperjuangan... Mudah-mudahan Allah SWT mengampuni semua dosamu.. dan meninggal dengan Chusnul Chotimah,... Amiin..

No comments: